Masa Depan Rio Haryanto Tidak Jelas Karena Dana Tim Manor

Masa Depan Rio Haryanto Tidak Jelas Karena Dana Tim Manor
Masa Depan Rio Haryanto Tidak Jelas Karena Dana Tim Manor

Gemarberita.com РRio Haryanto yang bergabung dengan tim balap Formula 1 Manor Racing sedang terancam bangkrut. Kini tim ini sedang berharap ada investor baru yang datang agar bisa terselamatkan masa depan pembalap dan tim nya.

Manor kini telah diserahkan oleh pemilik nya Stephen Firzpatrick ke firma bisnis inggris, FRP Advisory. Ini adalah salah satu firma yang spesialis dalam hal restrukturisasi, pemulihan, dan kepailitan.

Geoff Rowley yang merupakan salah satu administrator FRP, menyatakan jika manajemen Manor tidak punya pilihan lain untuk menyerahkan tim ke pihaknya. Ini dikarenakan tuntutan pembiayaan yang tinggi di F1 dan kegagalan mendapatkan suntikan dana.

“Tim sudah mengalami peningkatan signifikan sejak awal 2015, akan tetapi posisinya tetap bahwa mengoperasikan tim F1 butuh investasi berkelanjutan yang signifikan. Dan tim sudah bekerja tanpa lelah untuk mendatangkan investasi baru, namun disayangkan hasilnya belum memuaskan dalam waktu yang tersedia.” ucap Rowley.

Manor sendiri menuntaskan musim di posisi 11 yang berada di posisi paling bawah dalam klasemen. Hasil ini membuat Manor makin kesusahan, diamana hadiah sebesar 10 juta pounds harus lenyap. Dimana dana itu juga yang bisa menyelamatkan posisi untuk musim barunya. Hal itu secara tidak langsung mempengaruhi calon pebalap dan sponsor untuk menanamkan uang.

Walau yang terjadi seperti itu, Manor sendiri sudah jadi bagian sejarah Indonesia. Ketika Rio Haryanto yang menjadi pebalap pertama yang bisa tampil dalam ajang Formula One 2016. Namun Rio yang menjadi pay driver, hanya mendapat kesempatan tampil setengah musim saja  setelah hanya mampu membayar 7 juta euro dari banderol 15 juta euro untuk balapan semusim.